Rabu, 03 Juni 2009

Yosef A. Torry Osa (pemilik Torry Coffee), “Customer Service is Very Important!”


Yosef Apollonius Torry Osa, atau yang sering disapa Torry, mungkin masih terbilang pemain baru di bidang enterpreneur. Namun jika berbicara mengenai dunia Food & Beverage (F&B), bisa dikatakan ia sudah banyak makan garam. Selama lebih dari 14 tahun Torry berkecimpung di lingkup Hotel & Tourism, dengan spesialisasi F&B. Ia pernah bekerja di kapal-kapal pesiar sebagai dining room steward, dan bertahun-tahun malang-melintang di dunia perhotelan dengan memegang berbagai jabatan mulai dari level captain sampai banquet sales operation & coordinator. Akhirnya, kecintaan Torry pada F&B juga lah yang membawanya menjadi enterpreneur, sebagai pemilik Torry Coffee. 

 Sebenarnya jiwa enterpreneur sudah ada pada diri Torry sejak ia masih kuliah di Universitas Sahid jurusan Hotel & Tourism. Ia membayar biaya kuliahnya dari hasil menjual makanan kecil dan minuman buatan sendiri. Bersama seorang teman, Torry berjualan dengan menggunakan gerobak dorong. Semangat Torry menghapus kelelahannya. 

Ia yakin Tuhan akan berpihak padanya selama ia masih berusaha dan berjuang. “Prinsipku, selama keringat menetes; selagi kita berusaha dengan baik dan jalannya baik; tidak ada negative thinking, Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik buat kita.” Doa Torry sepertinya terjawab. Kini ia mulai menuai benih dari bibit yang ditanamnya. Dari Snack ala Torry yang dulunya menumpang jualan di tempat temannya menjadi Torry Coffee yang telah berkembang di tiga tempat di Jakarta, yakni Tebet, Kalimalang dan Cipete. Sederhana, adalah satu kata yang dapat menggambarkan kepribadian Torry. Meski Torry Coffee sudah menjadi alternatif tempat berkumpulnya anak-anak muda Jakarta, ia tidak mau coffee shop miliknya disebut kafe. Ia tetap menganggap Torry Coffee sama saja dengan dagangan lainnya.

Namun, Torry tetap memberikan sentuhan style bintang lima pada ‘kedai’nya tersebut, baik dari segi quality and taste of the product, juga the quality of service control. Untuk itu ia selalu memberikan training selama 3 hari pada karyawannya, sebelum mereka turun ke bar & kitchen Torry Coffee. Harapannya, agar karyawan Torry Coffee memiliki ilmu yang tidak kalah dengan lulusan dari jurusan F&B. 

Dari berbagai pelatihan yang disampaikan, menurut Torry service telah menjadi harga mati dalam menjalankan bisnisnya. Baginya, customer is the king. “If you want to order something that is not on the menu, we can do it.” Begitu juga dengan menjaga kedekatan dengan pelanggan. Tidak hanya menyapa, Torry pun sering menjalin komunikasi dengan para pelanggannya. Untuk lebih mendekatkan diri dengan para pelanggan ia sengaja meng-expose para bartender-nya ketika membuat makanan dan minuman. Tujuannya, agar customer dapat melihat proses pembuatan hidangan ala Torry Coffee, sehingga dapat terjalin interaksi yang baik dengan para stafnya. “Bagaimanapun caranya, customer service is very important for me!” tegas Torry. 

Sifat Torry yang ramah dan berjiwa muda memudahkan Torry dalam bergaul dengan pelanggannya yang rata-rata berasal dari anak-anak muda. Di lain pihak, Torry adalah sosok yang perfeksionis di mata karyawannya. Sedikit kesalahan akan menjadi masalah besar olehnya. Akan tetapi, Torry tidak sungkan-sungkan meminta maaf jika ia yang berbuat kesalahan. Introspeksi dan disiplin pun menjadi nilai-nilai yang ia tanamkan pada anak didiknya. (TM)



3 komentar:

  1. Tami...

    postnya bagus... thanks banget atas tulisannya
    kapan mau mampir lagi ke Torry Coffee...
    aku tunggu dengan hot Blended Chocolatys Banana

    -Yosef Apollonius Torry Osa-

    BalasHapus
  2. buat Torry: apa khabar ? Lama bngt gw ga dengar nama elo. Tahu2 udah jadi bos besar aja, gw Fajar temen lo dikapal,masih ingat ga?gw udah 2 thn ini balik ke darat,gw skrg gawe di California Pizza Kitchen Plaza Indonesia EX, kalo baca postingan ini mampir donk ke EX, gw jg nonton elo di TV

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fajar. Apakabar. Maaf gue baru buka. Saat ini. Jar. Gileeee. Lama banget nggak ketemu jar. Fajar ada waktu telp. Gue ya. Jar gue tunggu. 087887413153

      Hapus